Sabtu, 05 Februari 2011

Memilih Sebuah Gaya kepemimpinan Yang Efektif

Pemimpin sering juga di sebut sebagai kepala,dimana iya yang bertanggung jawab mengatur atas kelompok kelompok yang dia pimpin. Pemimpin pemimpin yang terampil dapat membawa kelompok nya ke dalam sebuah kesuksesan yang menjadi target dan tujuan dari semua nya. Bahkan,pemimpin yang efektif mampu membentuk karakter bawahan nya menjadi karakter yang tangguh dalam menghadapi segala cobaan dan rintangan yang ada. Dalam perjalanan nya,tidak ada satu pemimpin pun yang stabil grafik kepemimpinan nya,karena mereka sering kali menghadapi berbagai faktor dan situasi baik dari dalam maupun luar yang menggoyahkan kepemimpinannya,termasuk kareteristik pengikut nya. Dalam kesempatan ini ada beberapa cara untuk menjaga tim yang anda pimpin tetap dalam lingkaran sesuai gaya kepemimpinan dan situasi kondisi tim.

  1. Tentukan posisi dimana tim anda sekarang berdiri beginner,medium,hard and expert. Karena setiap tim yang kita pimpin memiliki masalah yang khusus dan berbeda. Beginner adalah tahap pertama yang di lalui oleh tim,dimana para anggota tim yang baru bergabung membantu pergerakan tim dalam berbagai aspek. Medium adalah tahap kedua yang di lalui oleh tim dimana mulai terjadi di konflik di dalam tim. Hard adalah tahap ketiga yang akan di lalui oleh tim,dimana mereka mulai mengenal dan mebaca pribadi antar anggota tim. Expert adalah tahap akhir yang akan di lalui oleh tim,dimana pada tahap ini anggota tim sudah mulai menunjukan loyalitas dan kekeluargaan serta tanggung jawab yang ada untuk tim dan pada saat ini lah tim akan berjalan sepenuh nya.
  2. Jika tim anda sedang berdiri di tahap beginner,maka anda perlu memastikan seluruh tim mengenal satu sama lain,membuka pertanyaan untuk tim,mengenalkan landasan landasan teamwork seperti kepercayaan,tanggung jawabketerbukaan dan kebersamaan. Dan menjelaskan prosedur prosedur,tujuan dan harapan harapan tim yang anda pimpin.
  3. Jika tim anda sedang berdiri di tahap medium,maka anda harus berdiri sebagai penengah diantara kubu,jangan membenarkan salah satu kubu jika tidak ingin terjadi perpecahan yang lebih besar. Berilah motivasi yang membangun agar visi tim kembali menjadi tujuan dan nilai inti nya. Coba lah diskusikan apa yang menjadi permasalah nya,agar tim menjadi lebih terbuka. Cobala jadwalkan kegiatan rutin,agar tim dapat lebih terbuka tentang keluh kesah nya dan cobalah diskusikan bersama untuk memecahkan masalahnya agar tim tetep selalu terbuka.
  4. Jika tim anda sedang berdiri di tahap hard,cobalah jelaskan kembali tujuan dan harapan harapan untuk tim secara terbuka dan memberikan timbal balik kinerja kepada masing masing anggota tim serta tim tersebut. Dan berikan apresiasi kepada tim jika salah satu tujuan dari tuim telah tercapai,penghargaan ini dapet menjadi motivasi dan dorongan untuk tim agar bekerja lebih semangat.
  5. Jika tim anda sedang berdiri di tahap expert,berikan timbal balik kinerja secara berkala dan terus menerus dan berilah dorongan inovasi dan perilaku inovativ dan sadarkan tim akan kekuatan yang kita miliki. Menghargai prestasi prestasi yang di capai baik dalam skala besar atau pun kecil dan selalu memberikan dukungan apa pun yang di butuhkan tim untuk terus bekerja dan menjaga kekompakan.
  6. Pantaulah kelompok yang anda pimpin dan amati segala perubahan perubahan dalam perilaku dan sesuaikan dengan kepimpinan anda dengan nya. Karena sebuah team bukan lah sebuah boneka yang tidak bergerak.tetapi persis dengan kehidupan yang selalu berputar adakala nya kita berjalan diatas dan di bawah. Oleh sebab itu,sesuaikan lah gaya kepemimpinan anda sesuai dengan kondisi tersebut. Apabila team membutuhkan anda,hadir dan temani perjuangan mereka,berilah motivasi yang membangun semangat nya dan arahkan mereka. Jika team anda sedang mengepakan sayap nya selebar lebar nya berilah dukungan apa pun yang di butuhkan agar tetep menjaga konsistensi nya.
yakin lah anda adalah pemimpin yang tangguh,anda tidak akan pergi ketika team membutuhkan anda, Sebab anda sudah di gariskan oleh tuhan untuk memimpin kelompok anda,karena tidak ada suatu di dunia ini yang tercipta secara kebetulan semua ada ketentuan dan ketetapan nya.

1 komentar: