Minggu, 22 Mei 2011

Papan Catur

Siapa yang tak kenal dengan permainan catur ? permainan dengan thema peperangan dalam sebuah papan dengan dua warna, dan pada umum nya hanya ada warna hitam dan putih. Permainan yang tidak dapat hanya dimainkan dengan cara hanya " sekedar bermain ", tapi membutuhkan stratego khusus agar dapat memenangkan permainan ini. Dan banyak orang yang berpikir tentang permainan catur ini adalah permainan yang membosankan, bagaimana tidak, dalam permainan ini tidak ada cheerleader, umbrella girl atau supporter yang mendukung kita saat bermain. Tidak ada gendrang, music, atau pun sorak sorai penonton untuk membangkitkan semangat kita saat bermain. Kita hanya sibuk dengan pikiran dan memandang sekumpulan kayu atau sejenis nya yang membisu. Dan berbagai alasan lain nya untuk menjelaskan bahwa permainan catur itu merupakan permainan yang sangaat membosankan. Yaa, kali ini gua gak akan menjelaskan atau becerita tentang kebosanan dalam bermain catur dan segudang alasan lain nya. Kebosanan yang di perhatikan sebagian orang akibat bemain catur, sama sekali tidak pernah di rasakan orang para pemain/ atelit atau caturres lain nya. Ini marupakan permainan yang sangat mengasyikan bahkan sangat istimewa. Kenapa ? Karena mereka mampu mengatasi kebosanan kebosanan itu dengan gaya dan tujuan nya dalam bermain. Dan banyak nilai nilai yang di dapat dalam permainan ini. Yaa, kali ini gua akan nge- share tentang filosifi yang dapat di terapkan dari bermain catur untuk dalam kehidupan nyata kita.

Pertama, dalam setiap permainan pasti nya kita memiliki aturan aturan yang mengatur bagaimana cara bermain dalam permainan tersebut. Bagaimana mungkin kita dapat menang dalam sebuah permainan jika kita tidak mengetahui aturan dalam permainan tersebut. Untuk itu, hal yang sanagt penting ketika kita ingin bermain kita harus tau bagaimana cara dan aturan aturan yang ada dalam permainan tersebut. Sama hal nya dengan permaianan catur, ada beberapa aturan yang mengatur gerak setiap bah nya. Bagaimana kuda hanya dapat berjalan mengikuti huruf L, knight / luncur hanya dapat berjalan miring sesuai warna nya. Mentri dapat bergerak ke segala arah kecuali mengikuti gerak seperti kuda, benteng bergerak di empat arah, tapi tidak bisa bergerak miring dan membentuk huruf L. Sedangkan raja, dapat bergerak keesegala arah tapi hanya berjumlah satu petak dan tidak mampu bergerak seperti kuda.
Sama hal nya dengan kehidupan, kehidupan pun punya aturan dan cara nya sendiri. Cara dalam menjalan kan hidup. Bahkan ada batasan batasan yang tidak dapat kita menembus nya. Dan aturan serta cara bermain itu l;ah yang akan membawa kita pada sebuah keteraturan yang sagat membantu kita demi mewujudkan semua impian impian kita. Dan semua akan berdampak pada kita sendiri nantinya.

Kedua,Starategi dan Tujuan itu penting !! Karena strategi ini lah yang akan mengatur kita dalam mengatasi berbagai masalah yang ada dan mencpai segala tujuan yang ada. Srategi dalam permainan ini sangat lah sulit, karena strategi yang kita rencanakan sejak awal dalam permainan akan beruba sesuai kondisi dan situasi lawan. oleh karena itu lah, kita akab belajar dari mengatur strategi dengan sangat bijak, agar membawa kita pada tujuan dalam permainan ini dan mempertahan kan nya.
Dalam hidup ini, tentu kita mempunya tujuan yang kita harapkan, baik itu berupa mimpi maupun cita cita. Dalam meraih itu semua, tentu bukan lah perkara yang gampang, jika kita nya bisa diam dan tidak melakukan apa apa. Kita di tuntuu untuk berusaha mewujudkan nya jika kita tidak ingin menyianyiakan mimpi dan cita cita kita. Dalam usaha mewujudkan mimpi dan cita cita, kita juga harus mempunya strategi yang matang, agar kita dapat mewujudkan nya secara efisien dan tepat waktu, sesuai dengan yang kita harapkan. Tetepkan tujuan, dan atur strategi dengan matang !!

Ketiga, Strategi dan tujuan saja tidak cukup. Yaa, permainan ini tidak hanya membutuhkan tujuan dan strategi saja, tapi kita juga di tuntut untuk lebih berkonstrasi dalam setiap kondisi yang ada, agar kita tidak ceroboh dan tergesa gesa dalam kondisi yang mungkin akan membawa kita kemenangan atau mungkin membawa kita pada situasi yang mendesak. Dalam kondisi seperti ini juga lah kita di tuntut untuk mengambil sebuah keputusan yang sanagt bijak, dengan konsentrasi yang tinggi dan bijak, kita akan mengambil sebuah keputusan yang sangat baik, baik akan mengorbankan sesuatu dan maju seribu langkah ke depan nya.
Terkadang dalam kehidupan kita sering di posiskan dalam keadaan yang sangat sulit, bahkan kita sering juga terjepit pada dua pilihan yang sangat sulit. Dimana pilihan tersebut akan membawa kita pada keadaan yang akan datang. Kita harus focus, konsentrasi dalam keadaan tersebut, agar kita tidak mudah goyah dan lari dari tujuan yang kita tetepkan sebelumnya. Dany bersikap bijak dalam mengambil sebuah keputusan dan kondisi apa pun, agar kita tidak salah langkah yang berakibat fatal untuk mimpi dan cita cita kita. Dan tidak mengorbankan banyak hal dalam meraih nya. Konsentrasi, focus dan ambil keputusan dengan bijak...!!

Keempat, Jangan meremehkan yang kecil. Kita tidak boleh meremehkan ataupun mengorbankan pion sebagai barisan depan dalam pertempuran. Sebab, ada waktu nya dimana pion tersebut akan menjadi ujung tombak atau sebgai penentu kemenagan kita nanti nya. Dan jika sudah sampai di ujung point papan catur, pion dapat berubah menjadi apa saja sesuai dengan kebutuhan kita untuk membantu dalam memenangkan pertandingan ini. Pion kecil yang malang akan mampu menjadi penentu kemenangan kita. Dalam kondisi apa pun, pion akan berubah menjadi sesuatu yang sangant menentukan nanti nya.
Jangan meremehkan yang kecil !! Yups, ini lah yang akan membuat kita terjatuh, dan yang kecil ini pula lah akan membawa kita pada tujuan, cita cita dan mimpi kita. karena jika kita meremehkan yang kecil ini, dan membiarkan nya begitu saja, maka lambat laun yang kecil ini kan berubah menjadi besar dan besar. Dan akan mejatuhkan kita pada waktu nya. Dalam kondisi apa pun, kepada siapa pun yang kita anggap dia tidak dapat melakukan apa apa datidak dapat berpengaruh apa apa akan jauh dari apa yang kita bayangkan. karena setiap hal mempunya keistimewaan tersendiri. ( likulli saiatun mazziyah )

Kelima, Banyak belum tentu menang. Kita telah menyisakan beberapa anak buah saja pada lawan kita, dan dengan harapan kondisi yang seperti ini memudah kan kita untuk mencapai pada tujuan kita, Menang..!! eeiiittsss, jangan bangga dengan hal itu dulu, karena banyak bukan lah jaminan untuk memenangkan pertandingan catur. Banyak nya anggota yang kita miliki bukan berarti akan membuat lawan kita putus asa, tapi malah akan membangkitkan strategi strategi untuk tetep bertahan. Dalam kondisi inilah, kita di haruskan membaca langkah langkah yang akan di ambil lawan dan mengantisipasi langkah tersebut agar tidak memutarkan keadaan yang berbanding terbalik ke kita. Kita di tuntunt untuk bersikap lebih waspada dan tidak ceroboh, nilai ini lah yang sering di anggap remeh pada kebanyakan orang dan membuat nya dalam keadaan yang terbalik. Dalam kondisi terjepit, terkadang membuat otak kita bekerja lebih dari biasa nya, dan selalu berpikir bagaimana cara nya agarkita bisa bertahan. Banyak nya anggota catur yang kita miliki, bukan menjadi nilai tersendiri agar memenangkan permainan ini.
Sama dengan hidup, banyak nya harta bukan menjadi jaminan kita akan bahagia. Harta yang kita miliki hanya sekedar titipan dari sang Illahi, seberapa jauh harta yang di titipkan itu bermanfaat untuk kita dan orang lain. Karena harta yang kita miliki ada sebagia hak nya dari orang lain. Begitu juga dengan masalah, banyak nya masalah bukan berarti kita akan menjadi kuat. kalo ketika masalah itu datang kita hanya mampu meyelesaikan nya dengan setengah setengah tanpa ada penyelesaian yang jelas. Itu bukan pemberani nama nya, tapi lebih dari di katagorikan sebagai pecundang. Masalah yang ada itu, untuk di selesaikan bukan untuk di bawa kabur dan lari atau pun untuk di tumpuk. terkadang masalah yang kita punya mampu membuat kita menjadi manusia yang lebih baik dari sebelum nya JIKA masalah itu kita selesaikan. Mampu membuat kita menjadi lebih dewasa dan belajar dari apa yang kita lakukan agar tidak terjatuh untuk kedua kali nya. Ternyata lagi lagi yang banyak itu bukan menjadi jaminan yang baik untuk kita. Dan yang banyak itu lah yang membuat kita lupa akan segalanya.
jadi, jangan cari yang banyak, tapi cari lah yang berkah...!!

satu lagi, dalam permainan catur hanya ada hitam dan putih, dan hanya ada dua warna saja. Sama hal nya dengan kehidupan, jadi berhati hati lah dalam melangkah dan tentukan lah keputusan anda dengan sangat bijak, karena itu akan membawa kita pada keadaan kita nanti nya. Mundur satu langkah untuk maju seribu langkah itu lebih baik, jadi jangan takut untuk mengambil semua resiko yang ada. Jangan meyerah pada keadaan, buat lah keadaan itu menjadi super power yang kita miliki. Tetap focus pada tujuan yang telah kita tetapkan dan konsentrasilah untuk menjalankan nya. Buat keputusan sebijak mungkin tanpa harus terlalu banyak yang di korban kan !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar